Minggu, 30 November 2008

Global market 4

great depression

The dow mencatat rekor tertingginya di 14,164.53 pada tanggal 9 oktober 2007.Persis satu tahun kemudian, pada hari kamis 9 oktober yg lalu, the dow di tutup dilevel 8,579.19 dengan kata lain, index saham AS turun sebesar 39.4% atau 5,585 poin.

Bursa saham lainpun kena imbasnya , tetapi belum selesai karena pendapatan perusahaan tetap menentukan harga saham.

- dalam sutau perekonomian yang di dasarkan oleh consumer spending atau pengeluaran konsumen 10 bulan dari September 2007 sampai Juli 2008 naik 29.1 milyar dolar AS

- 10 minggu dari agustus 2008 sampai pertengahan oktober 2008 naik 32.3 milyar dolar AS

Denagan kata lain , jumlah pinjaman lewat kartu kredit telah meningkat lebih banyak dalam 10 pekan tersebut dari 10 bulan sebelumnya.

- sungguh aneh tapi nyata ( dan menyedihkan ) , tetapi pedagang terbesar kedua untuk penggunaan kartu kredit sekarang adalah mcdonalds.

- Ini jelas menunjukan bahwa banyak konsumen sedang sengsara kalau sudah harus bayar untuk big mac dan kentang senilai 4 dolar AS dengan kartu kredit.

Beruang kembali berjaya !!!!

- The worst financial crisis since the untuk hampir 75% pengeluaran yang lebih sedikit pasti mengakibatkan suatu RESESI

- dan apabila pendapatan perusahaan yang tercatat di bursa menurun , harga saham mereka tentu akan anjlok.

Mengapa dolar AS begitu perkasa ????

Dalam 3 bulan terkahir ini dolar AS diperdagangkan berdasar ALIRAN DANA , bukan berdasarkan FUNDAMENTAL .

Adapun 5 alasan utama kenapa dolar AS kembali menjadi raja untuk sementara waktu :

  1. LIKUIDASI dari CARRY TRADE

- dari tahun 2002 sampai dengan tahun 2007 , banyak investor telah memanfaatkan pinjaman dalam dolar AS dan juga YEN jepang untuk berinvestasi dalam asset dengan yield yang lebih tinggi .

- pada saat ini , menyusul credit crunch, banyak bank tidak mampu atau mau memperpanjang pinjaman tersebut dan investor terpaksa menjual asset untuk melunasinya.

- Penguatan dolar AS maupun Yen jepang dan penurunan mata uang utama lain pada saat yang bersamaan menegaskan perebutan yang sedang berlangsung untuk mengurangi hutang dan deleverage.

  1. INVESTOR REDEMPTIONS

- menurut Nouriel Roubini, professor dari new york , ratusan Hedge funds akan tutup sebab investor tidak puas dengan kinerjanya dan minta uang mereka dikembalikan.

Tidak ada komentar: