Minggu, 30 November 2008

Global market 2

- Tetapi perusahaan keuangan juga telah banyak berinvestasi dalam derivatif, yang oleh warren Buffet disebut “ financial weapon of mass destruction “ atau senjata pemusnah masal pada tahun 2002.

Selama 6 tahun berikutnya , jumlah derivative ini bertambah sebesar 500 persen menjadi lebih dari 500 milyar dolaar AS. Ukuran sebesar inilah yang menaikan probabilitas atau resiko untuk menjadi suatu bencana.

Terutama pasar CDS ( credit default swap) sebesar 50 triliyun dolar AS yang membahayakan dunia keuangan. Sebagai contohnya , AIG adalah salah satu penjual terbesar CDS dan kita sudah tahu nasibnya, bukankah begitu?

Perekonomian Amerika tenggelam seperti titanic

Perolehan kredit mulai sulit

- karena Bank menderita banyak kerugian , mereka terpaksa mengurangi pemberian kredit.

- Sampai dengan bulan September , jumlah pinjaman telah turun sebesar 154.3 milyar dolar AS, yang merupakan salah satu kontraksi kredit terbesar secara nominal dalam beberapa decade terkahir ini.

- Dengan demikian , uptrend yang bertahan sejak awal tahun 1995 telah pecah !!!!

- Perekonomian yang sehat mempunyai kredit bank yang meningkat, yang merupakan salah satu sumber ekspansi .Ketika bank harus mengurangi pemberian pinjaman , pertumbuhan ekonomi berkurang dan bahkan dapat mengakibatkan suatu resesi

- Penurunan jumlah kredit ( deleveraging) kemungkinan besar akan berlanjut terus sampai tahun 2013 !!!! , deleveraging ini jelas akan menekan pertumbuhan ekonomi dan bursa saham beberapa tahun kedepan.

- Pemerintah boleh saja memompa uang dalam sisitem perbankan tetapi tidak akan ada dampak sama sekali, seperti pepatah lama mengatakan “ Anda dapat menuntun kuda ke air tapi tidak bias membuatnya minum “.

Laporan BNP yang menakutkan

Perekonomian terbesar di dunia melemah dengan 0.3% dalam bisnis tahunan di kuartal ketiga. Inilah kontraksi yang paling tajam di AS dalam 7 tahun terkahir.

Tetapi mulai bulan September perekonomian jatuh ke jurang , dengan BNP yang kemungkinan berkontraksi sekitar 3% dalam kuartal ke empat. Apabila penurunan sebesar ini terjadi, berarti itu akan menjadi kuartal terburuk sejak 1982.

Sektor manufaktur maupun sector jasa terkontaksi

Index manufaktur dari ISM turun 4.6 poin ke 38.9 pada bulan oktober , yang merupakan level terendah sejak September 1982.

Sementara index jasa terjun ke 44. 4 dibulan oktober dari 50.2 pada bulan sebelumnya.level tersebut adalah yang terendah dalam sejarah dr index ini.

Angka pengangguran yang mengejutkan

Perusahaan telah mmemangkas 1.2 juta pekerja dalam 10 bulan pertama tahun ini, dengan lebih dari setengahnya kehilangan dari pekerjaan tersebut dalam 3 bulan terakhir

Tidak ada komentar: